Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sarapan

Telah diketahui bahwa sarapan selain sebagai sumber energi juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Namun tak semua makanan boleh menjadi menu sarapan. Sebaliknya ada beberapa bahan Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sarapan

Selamat datng kembali di situs resmi Alfian Herbal agen Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pesanan dengan sistem “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sarapan

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sarapan

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sarapan — Pagi hari adalah waktu sibuk untuk semua orang di rumah, terutama para ibu. Ibu harus menyiapkan keperluan seluruh anggota keluarga sedini mungkin, atau mereka akan terlambat sampai di sekolah atau kantor. Terbatasnya waktu membuat para ibu memilih sejumlah menu sarapan pagi yang praktis dimasak dan dihidangkan pada anggota keluarga yang tidak sabar meninggalkan rumah.

Sarapan adalah hal penting dilakukan di pagi hari. Sarapan bertujuan mengisi perut kosong dan memberikan energi untuk beraktivitas hingga saatnya makan siang. Namun perlu diperhatikan ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan, karna efeknya yang kurang baik bagi kesehatan.

Makanan yang dilarang saat sarapan

Ada beberapa menu sarapan pagi yang kurang menyehatkan dan tidak memberi manfaat apapun dalam menambah energi yang dibutuhkan keluarga anda. Berikut adalah Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sarapan :

  • Mie instan

Beberapa ibu mungkin memilih menu mie instant sebagai solusi praktis sarapan pagi. Rasanya yang enak (karena mengandung MSG) disukai anak-anak yang kesulitan menelan makanan berat di pagi hari. Lebih baik menghindari mi instan di pagi hari karena kandungan bahan pengawet dan bumbu penyedap, dan hanya menyajikannya sebagai menu sarapan pagi satu kali dalam seminggu (jika terpaksa).

  • Kentang goreng

Kentang goreng plus saus tomat, hampir semua anak menyukainya. Tetapi kentang goreng beku yang dibeli di supermarket dapat dipastikan mengandung bahan pengawet, dan dibutuhkan minyak goreng untuk mematangkannya. Menelan makanan dengan kandungan minyak tinggi di pagi hari bisa meningkatkan resiko radang tenggorokan, walaupun sudah meniriskan kentang goreng dengan kertas penghisap minyak.

  • Nugget

Sama seperti kentang goreng beku, nugget yang dijual di supermarket mengandung bahan pengawet yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh jika dikonsumsi terus menerus. Lebih baik memakan nugget buatan sendiri sebagai menu sarapan pagi, dan jangan lupa sertakan nasi secukupnya. Mengkonsumsi nugget buatan sendiri masih dapat ditoleransi oleh tubuh, asal tidak lebih dari dua kali seminggu.

  • Telur Asin

Telur asin sering dijadikan pilihan sebagai lauk untuk sarapan pagi karena tidak perlu menggorengnya. Cukup dibelah menggunakan pisau, dikeluarkan dari cangkangnya dan siap disantap. Tetapi kandungan garam yang tinggi dalam telur asin akan mengganggu pencernaan jika dikonsumsi setiap hari. Telur itik memang lebih banyak mengandung zat bermanfaat untuk kesehatan dibandingkan telur ayam, tetapi penambahan zat pewarna dan pengawet akan mengubah telur asin sebagai makanan yang hanya lezat di lidah saja.

  • Sosis

Sama dengan nugget, sosis beku dari pasar swalayan juga mengandung bahan pengawet, pewarna dan penguat rasa. Hidangkan sosis satu kali dalam sebulan dan menambahkannya dengan nasi putih. Jika terpaksa memakan sosis pada saat sarapan, usahakan juga meminum jus agar zat-zat tidak berguna larut dalam tubuh.

  • Junk food

Merupakan sebuah ide buruk untuk menyediakan junk food sebagai menu sarapan pagi. Junk food beku yang dibeli di pasar swalayan atau melalui drive thru (tempat makan siap saji) mengandung bahan pengawet. Hindari penyajian junk food pada anak usia dini agar anak tidak mengalami kecanduan junk food.

  • Yoghurt

Ketika dalam keadaan perut kosong, yoghurt kehilangan sebagian manfaatnya, maka akan lebih baik untuk memakannya dua jam setelah makan atau menjelang tidur.

  • Kue Kering

Meskipun enak dan gampang disantap, kue kering banyak mengandung gula beku, lapisan gula dan bahan- bahan lainnya. Karbohidrat yang berlebihan akan membuat perut lebih cepat terasa lapar jika dibandingkan dengan memakan protein tanpa lemak. Sebagian besar kue kering juga dibuat dari tepung putih, bukan biji- bijian. Tepung putih merupakan karbohidrat olahan yang kaya akan lemak dan kalori. Gantilah kue kering dengan roti gandum panggang atau muffin untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung dan pembuluh darah.

  • Telur Dadar Yang Ditambah Keju dan Banyak Garam

Telur dadar merupakan sumber protein dan banyak mengandung nutrisi. Orang yang harus membatasi asupan kolesterol masih boleh memakan telur dalam porsi sedang atau hanya memakan bagian putih telurnya saja. Sayangnya, telur yang dihidangkan dengan keju dan banyak ditaburi garam dapat menyumbat pembuluh darah. Akan lebih baik jika menghidangkan telur rebus atau telur yang digoreng dengan minyak sayur yang lebih sehat.

  • Donat

Makanan ini tidak baik dikonsumsi saat sarapan karena memiliki banyak kandungan gula. Selain gula, donat juga mengandung lemak trans yang tidak baik bagi tubuh dan sebagian besar donat dibuat dengan tepung putih, bukan biji-bijian. Tahukah Anda kalau donat mengandung banyak lemak dan kalori yang dapat menyebabkan obesitas serta meningkatkan resiko serangan jantung?

  • Kopi

Minum kopi di pagi hari memang enak untuk menghindari kita dari rasa ngantuk. Namun bila dikonsumsi dengan mencampurkan beberapa bahan seperti gula, sirup rasa-rasa atau whipped cream dapat membuat Anda semakin gemuk.

  • Jus Buah atau Minuman dalam Kemasan

Jus buah dalam kemasan tidak sesehat buah utuh. Jus buah yang diklaim terbuat dari apel, anggur, jeruk dan lemon telah ditambahkan gula yang memiliki efek sama buruknya seperti soda. Jika mencari makanan yang banyak mengandung vitamin C untuk sarapan, akan lebih baik jika makan buah- buahan. Selain jus buah, makanan lain yang seharusnya sehat bisa menjadi tidak sehat karena telah ditambahkan berbagai macam bahan lain. Bacalah label nutrisi pada kemasan untuk memastikan kandungan bahan-bahan di dalamnya.

Itu tadi beberapa Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sarapan. Lebih baik anda bangun lebih pagi agar punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan sehat untuk anda sendiri dan keluarga tercinta.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahdemamtifoid.wordpress.com untuk update informasi penting dan menarik seputar kesehatan lainnya.

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sarapan


Leave a comment